Kebun Pepaya California "Kebun Pak Tarso"


Lahan pepaya california "Kebun PakTarso" di Purwokerto
Gambar di atas merupakan hamparan kebun pepaya California. Varietas pepaya baru yang kini digandrungi para petani karena menjanjikan keuntungan. Pepaya California memiliki keunggulan tersendiri. Buahnya lebih manis, tahan lama, dan bisa dipanen lebih cepat dibandingkan pepaya varietas lain.
Salah satu tempat penanaman pepaya California terletak di desa Karanggude Kulon, kecamatan Karanglewas, Purwokerto. Penanaman pepaya disini dilakukan oleh Kebun Pak Tarso yang dipimpin oleh Bapak Tarso. Untuk mencapai lokasi kebun pepaya California ini dapat dicapai dari pusat kota Purwokerto menuju arah barat/arah Ajibarang. Setelah melewati pasar Karanglewas maka masih lurus sampai bertemu jembatan sungai Mengaji. Desa di sebelah barat sungai Mengaji adalah desa Karanggude Kulon. Letak kebun ini dapat ditanyakan pada penduduk setempat. Tinggal tanya saja Pak Tarso Gandul, nanti akan ditunjukan lokasi rumahnya.
Pepaya California tumbuh subur bila ditanam di lahan dengan ketinggian antara 300 hingga 500 meter di atas permukaan laut. Pohon pepaya ditanam dengan jarak dua setengah kali dua meter. Sehingga untuk satu hektar lahan dapat ditanam antara 1500 hingga 1700 pohon pepaya.
Pepaya California dalam pohon
Yang penting diperhatikan dalam menanam pepaya California adalah pemupukan. Pemupukan harus diberikan sebelum masa tanam tiba. Pupuk yang digunakan adalah pupuk organik berupa kotoran hewan yang sudah terurai. Dengan pupuk yang banyak maka pohon pepaya akan tumbuh dengan subur dan buahnya besar.
Pohon pepaya California sudah bisa dipanen setelah berumur 7 hingga 9 bulan. Pohonnya dapat berbuah hingga umur empat tahun. Pemanenan dapat dilakukan setiap 4-6 hari sekali sehingga dalam sebulan dapat dipanen sampai 5 kali. Sekali panen, setiap pohon pepaya California dapat menghasilkan 3 hingga 6 buah.
Kebun Pak Tarso mengelola sekitar tiga hektar lahan pepaya california. Dalam sekali panen setiap 4 hari sekali dapat menghasilkan 2 ton pepaya (musim hujan) dan 1 ton pada musim kemarau. Pepaya California banyak diminati karena ukurannya tidak terlalu besar, kulitnya lebih halus dan mengkilat.
Untuk pembelian di tempat, harga buah pepaya california Kebun Pak Tarso berkisar antara Rp 2.000,- hingga Rp 2.500,- per kilogramnya. Sampai sekarang, selain menjual buah segar ke pedagang, Kebun Pak Tarso juga melayani jasa penyediaan benih, bibit, serta konseling penanaman pepaya california untuk area Purwokerto dan sekitarnya.

7 komentar untuk "Kebun Pepaya California "Kebun Pak Tarso""

Comment Author Avatar
Pak Rohmat,saya dari Garut,saya tertarik dengan penanaman pepaya jenis california di atas,dapatkah saya memesan bibit sekaligus konsultasi lebih jelas cara penanamannya,apakah bisa tumbuh optimal apabila ditanam di sekitar kebun yang terdapat banyak pohon bambu(tanahnya banyak akar bambu)?harga bibitnya berapa?
untuk Jawaban Mohon diemail ke alamat marketingproperty85@yahoo.com,
Terima kasih Sebelumnya
Comment Author Avatar
Mohon maaf sebelumnya, karena tidak setiap saat saya memantau blog ini, mohon untuk pemesanan atau konsultasi langsung saja via telpon/SMS. Insya alloh akan saya jawab. Terima kasih.
Comment Author Avatar
Nomor Hp Pak Tarso berapa ya....? 081392602299 Taufiq Wonosobo
Comment Author Avatar
Saya tertarik untuk budidaya pepaya caalifornia. Apakaah bisa ditanam di area tanah persawahan pa. Terimakasih (Nura/Tangerang)
Comment Author Avatar
Pak kalo mau beli benihnya ada?
Comment Author Avatar
Ada pak. Silakan kontak ke 08568797312.
Comment Author Avatar
terimakasih atas infonya kak,semoga jaya terus dan semakin berkembang dalam berkarya,sekaligus menambahkan wawasan saya
BTW jangan lupa buat mampir ke website kampus saya
ISB Atma Luhur

perkenalkan nama saya muhammad rinaldy