Cara Membuat Bibit Pepaya

Cara membuat bibit pepaya yang baik dan benar supaya dapat ditanam di kebun sendiri. Kenapa kita perlu tahu cara membuat bibit pepaya sendiri? Alasan utamanya adalah untuk memotong ongkos produksi. Membuat benih sendiri berarti kita tidak perlu membeli benih dari toko. Benih didapat dari kebun sendiri dan disemai menjadi bibit.
 
Biji pepaya California di jemur untuk kemudian disemaikan menjadi bibit
 
Kali ini kami akan berbagi metode dan cara membuat bibit pepaya, baik untuk pepaya calina (california) ataupun pepaya bangkok. Ada 6 langkah dalam membuat bibit pepaya, yaitu:
  1. Benih pepaya dapat dibuat dengan menggunakan biji dari buah pepaya yang berkualitas atau dengan membeli benih dari toko/petani. Bila akan membuat benih sendiri, pilihlah buah yang rasanya manis dan ukurannya besar agar bibit yang dihasilkan juga berkualitas sama baiknya.
  2. Jemur benih yang diperoleh dari buah sendiri di bawah sinar matahari. Dapat juga dilumuri abu agar kadar airnya berkurang. Penjemuran jangan terlalu kering karena dapat mematikan biji tanaman.
  3. Rendam benih yang sudah kering ke dalam air hangat. Hal ini bertujuan agar benih dapat berkecambah sehingga mudah ditumbuhkan ke dalam media tanam polibag. Dapat juga menggunakan cairan perangsang pertumbuhan yang dapat dibeli di toko pertanian terdekat.
  4. Setelah benih berkecambah, maka dapat dipindahkan/ditanam di polibag agar tumbuh menjadi bibit. Tujuan pembuatan di polibag adalah untuk memudahkan penanaman di lahan. Dapat dibayangkan bila penanaman biji dilakukan secara langsung di lahan, dan apabila benih tidak tumbuh atau mati maka kita harus kerja 2 (dua) kali. Setiap polibag dapat diisi 2 atau 3 biji. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kematian tunas yang telah tumbuh. Penanaman di polibag juga memudahkan perawatan, penyiangan gulma, serta menghindari gangguan hama penyakit.
  5. Setiap pagi dan sore hari, hendaknya bibit di polibag disiram secara rutin agar cepat tumbuh. Setelah bibit berumur sekitar 2 sampai 3 bulan, benih dapat dipindahkan dari polibag ke lahan pertanian.
  6. Benih yang telah tumbuh menjadi bibit dapat diberikan penyemprotan pupuk daun dan fungisida untuk mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri.
Bibit dengan tinggi 10 cm siap dipindah ke lahan

Itulah beberapa tips dan cara membuat bibit pepaya yang dapat Anda terapkan sendiri di rumah. Cara ini dapat digunakan untuk skala hobi maupun skala besar. 
 
 
Membuat bibit pepaya sendiri juga dapat membuka peluang usaha baru sebagai penyedia bibit pepaya. Bibit dapat Anda jual ke petani sekitar melalui media online. Bila Anda jeli, Anda juga dapat membuka toko pertanian sendiri yang membantu menyediakan sarana dan prasarana pertanian yang dapat digunakan petani setempat. 
 
Di tengah majunya jaman, kita harus terus berinovasi untuk dapat melihat peluang usaha yang ada di sekitar kita. Harapannya dapat membantu ekonomi keluarga dan warga sekitar kita.
 
Salam petani.

4 komentar untuk "Cara Membuat Bibit Pepaya"

Comment Author Avatar
Njenengan menyediakan bibit siap tanam pha ora Mas,....tks
Comment Author Avatar
Ada persediaan bibit/benih siap tanam nggak Boss...harga per polybag berapa......???tks
Comment Author Avatar
Ada. Silakan kontak ke nomor di bio. Kalau mau main ke kebun juga boleh :-)
Comment Author Avatar
apakah kulit biji pepaya nya harus mengelupas kak ?, jika kulit biji pepaya mengelupas, apakah mengelupasnya sebelum direndam ai hangat atau sesudah ?