Budidaya Pepaya California Sangat Menjanjikan

Perkebunan Pepaya di Karanggude - Purwokerto

Gambar di atas merupakan hamparan kebun pepaya California. Varietas pepaya baru yang kini digandrungi para petani karena menjanjikan keuntungan. Pepaya California memiliki keunggulan tersendiri. Buahnya lebih manis, tahan lama, dan bisa dipanen lebih cepat dibandingkan pepaya varietas lain.
Salah satu tempat penanaman pepaya California terletak di Desa Karanggude Kulon RT 06/03, kecamatan Karanglewas, Purwokerto. Penanaman pepaya disini dilakukan oleh Farmoo Fruits yang dipimpin oleh Tarso. Untuk mencapai lokasi kebun pepaya California ini dapat dicapai dari pusat kota Purwokerto menuju arah barat/arah Ajibarang. Setelah melewati pasar Karanglewas maka masih lurus sampai bertemu jembatan sungai Mengaji. Desa di sebelah barat sungai Mengaji adalah desa Karanggude Kulon. Letak kebun ini dapat ditanyakan pada penduduk setempat.
Pepaya California tumbuh subur bila ditanam di lahan dengan ketinggian antara 300 hingga 500 meter di atas permukaan laut. Pohon pepaya ditanam dengan jarak dua setengah kali dua meter. Sehingga untuk satu hektar lahan dapat ditanam antara 1500 hingga 1700 pohon pepaya.
Yang penting diperhatikan dalam menanam pepaya California adalah pemupukan. Pemupukan harus diberikan sebelum masa tanam tiba. Pupuk yang digunakan adalah pupuk organik berupa kotoran hewan yang sudah terurai. Dengan pupuk yang banyak maka pohon pepaya akan tumbuh dengan subur dan buahnya besar.
Pohon pepaya California sudah bisa dipanen setelah berumur 7 hingga 9 bulan. Pohonnya dapat berbuah hingga umur empat tahun. Pemanenan dapat dilakukan setiap 4-6 hari sekali sehingga dalam sebulan dapat dipanen sampai 5 kali. Sekali panen, setiap pohon pepaya California dapat menghasilkan 3 hingga 6 buah.
Pepaya Farmoo mengelola sekitar tiga hektar lahan pepaya california. Dalam sekali panen setiap 4 hari sekali dapat menghasilkan 2 ton pepaya (musim hujan) dan 1 ton pada musim kemarau. Pepaya California banyak diminati karena ukurannya tidak terlalu besar, kulitnya lebih halus dan mengkilat.
Untuk pembelian di tempat, harga buah pepaya california Pepaya Farmoo berkisar antara Rp 2.000,- hingga Rp 2.500,- per kilogramnya. Sampai sekarang, selain menjual buah segar ke tengkulak, Pepaya Farmoo juga melayani jasa penyediaan benih, bibit, serta konseling penanaman pepaya california untuk area Purwokerto dan sekitarnya.

19 komentar untuk "Budidaya Pepaya California Sangat Menjanjikan"

Comment Author Avatar
saya juga baru mau mencoba menanam pepaya jenis ini di daerah pati jawa tengah, ini yang pertama kalinya... mudah2an bisa sukses nanamnya...!!!! Good Lu
Comment Author Avatar
Semoga sukses ya Juragan. Mari bersama-sama kembangkan produk hortikultura dalam negeri agar mampu bersaing di pasar global :-)
Comment Author Avatar
saya lagi melakukan penyemaian tp dari 60 biji hanya sekitar 40an yg tumbuh,itu gimana?
Comment Author Avatar
Berarti cuma tumbuh sekitar 66% ya gan. Tidak masalah, asalkan tidak gagal semua. Lain kali kalau mau menyemaikan benih, jumlahnya bisa dilipatgandakan menjadi 2 kali jumlah pohon yang ingin ditanam. Hal ini untuk cadangan ketika ada benih yang tidak tumbuh, bibit yang mati waktu masih di polybag, bibit yang mati waktu dipindahkan ke lahan, serta untuk tambal sulam ketika ada pohon yang mati atau buahnya bulat (tidak lonjong). Sukses terus gan.
Keep learning by doing :-)
Comment Author Avatar
Bos bisa ngga ngemas buat pasar modern.
Sehingga kita bisa ngambil keuntungan lebih.
Saya pnya lahan skrng di tanami sekitar 500 phon dan pengin banget langsung di pasarkan di mall lokal.
Comment Author Avatar
Bisa mas. Kami sedang berproses menuju kesana. Namun saat ini kendalanya adalah kuantitas dan kualitas. Kami saat ini masih mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya kualitas.
Mas Riyadi domisili mana? Mungkin kita bisa saling bertukar pikir untuk mencari solusi bersama :)
Comment Author Avatar
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Comment Author Avatar
Wah....aku minat kie tah....
Comment Author Avatar
Mari kang, jalan bebarengan. Memajukan pertanian Indonesia :-)
Comment Author Avatar
Okay Mas Broo........ :D
Comment Author Avatar
berapa ya pak luas lahan yang standard untuk bisa sukses,sya mau coba tapi saya cuma punya lahan kurang lebih 1/3 lapangan bola pak,juga saya sama sekali buta dalam bercocok tanam,mohon saran y pak.soalnya saya basicnya seorang perawat,sudah tidak tertarik hanya makan gaji aja.hehehe
Comment Author Avatar
Sebenarnya tidak ada patokan, sukses tidaknya usaha bertani pepaya California bukan tergantung dari luasnya lahan. Yang penting telaten, kalau gagal panen harus sabar, barang ga laku juga harus sabar utk berjualan.
Ukuran 1/3 lapangan bola, bisa saya artikan 30x100 meter (kurang lebih). Untuk ukuran 100x100 meter (1 hektar) rata-rata bisa ditanami sekitar 1500-1600 pohon (jarak tanam 2,5 x 2,5 meter). Berarti tinggal dikali sepertiganya.
Untuk lahan 1 hektar bisa panen sekitar 1 - 1,2 ton per minggu. Kalau perawatannya bagus, malah bisa lebih dari itu.
Usaha yang sukses adalah usaha yang dibuka. Bukan cuma diangan-angankan :-)
Comment Author Avatar
kalau menanam pepaya california dari bijinya yg saya beli dari supermarket bisa tidak? Kebetulan yg sya beli pepaya farmo. Hehe. Trims
Comment Author Avatar
Bisa saja. Asalkan pepaya yang dipilih adalah pepaya yang rasanya manis dan merah warnanya. Diusahakan pepaya yg jadi bibitnya adalah pepaya yang ukurannya tidak terlalu kecil.
Monggo. Selamat bereksperimen dengan bibit pepaya california :)
Comment Author Avatar
Saya dr pangkalanbun Kalteng ,ni lg mencoba menanam 100 biji buah.. Dan skrg lg menyiapkan lahanya .pengen blajar lbih baik lg ttp cra penanamanya.. Disini cuacanya msh gk menentu kdang panas kdang hujan trs, mhon bimbinganya .
SALAM..
Comment Author Avatar
Salam kenal juga Mas. Mari kita saling belajar menjadi petani pepaya. Kalau butuh bantuan mungkin bisa kontak kami pada nomor HP di bagian bio blog. Terima kasih.
Comment Author Avatar
mas tanah ditempatku warnanya merah. apakah cocok ditanami pepaya calina?
Comment Author Avatar
Asalkan tanahnya bisa ditanami kacang tanah, singkong, atau tanaman lainnya, maka bisa ditanami pepaya. Namun harus diperhatikan juga, sinar matahari tidak boleh sampai terhalang.