Petani Pepaya California Perlu Bersinergi

Saat ini banyak sekali petani yang membudidayakan pepaya California. Berbeda dengan tahun 2008 lalu saat Kebun Pak Tarso pertama kali membudidayakannya. Saat itu penjualan masih cukup susah dan tidak semua orang mengetahui produk ini. Namun saat ini hampir semua orang sudah mengetahui tentang Pepaya California.
Sinergi antar petani pepaya California
Mengingat sudah cukup banyak petani yang memesan benih dan bibit dari kami, kami berinisiatif untuk mengajak para petani di daerah untuk bersinergi, terutama di wilayah Masbarlingcakeb - Banyumas, Banjarnegara, Purbalingga, Cilacap, dan Kebumen.

Manfaat Sinergi

  1. Bisa saling bertukar pengetahuan dan pengalaman mengenai budidaya Pepaya California. Terutama berbagi ilmu mengenai teknik budidaya, perawatan, penangan pasca panen dan penanganan hama yang sering menyerang. Dengan begini, maka resiko gagal panen bisa dikurangi bahkan dicegah. 
  2. Meningkatkan produktivitas. Dengan saling bersinergi, maka buah yang berkualitas dapat dihasilkan setiap harinya. Kontinuitas suplai ke pasar, supermarket, toko buah, bahkan ekspor dapat dijaga.
  3. Mengurangi ongkos produksi. Manfaat ini didapat ketika seorang petani sedang mencari benih atau bibit Pepaya California. Bila ia tahu bahwa di daerahnya sudah ada yang membudidayakan maka ia dapat belajar disana. Dengan begitu ongkos pemesanan benih, bibit, bahkan ongkos konsultasi bisa dipangkas.
  4. Memperbanyak saudara dan bersilaturahmi. Dengan saling bersinergi maka antar sesama petani tidak perlu saling bersaing, namun saling memberikan masukan untuk menghasilkan produk yang berkualitas prima. Dengan begitu, maka konsumen yang akan diuntungkan karena mendapatkan buah Pepaya California yang berkualitas tinggi dengan harga bersaing.
  5. Membantu para petani pemula yang masih awam soal pemasaran Pepaya California. Biasanya para petani pemula ini kebingungan akan menjual kemana. Dengan adanya sinergi antar petani maka hal ini bisa dicegah.
  6. Memutus mata rantai tengkulak yang merugikan petani. Tengkulak licik seringkali mengincar petani yang kurang paham soal harga pasar. Dengan saling bersinergi, maka fluktuasi harga Pepaya California di pasar bisa dipantau. Dengan begitu, petani tidak akan dibohongi oleh tengkulak.
Bagi rekan-rekan petani di wilayah Banyumas, Banjarnegara, Purbalingga, Cilacap, dan Kebumen mari kita saling merapatkan barisan dan menjadikan Pepaya California ini sebagai produk andalan di wilayah kita.

Bagi yang memiliki pemikiran sama, monggo tinggalkan kontaknya di kolom komentar, atau bisa langsung mengontak kami di nomor telepon yang tertera di pojok kanan atas.

Salam petani!

Posting Komentar untuk "Petani Pepaya California Perlu Bersinergi"