Kiat-Kiat Mengatasi Permasalahan Pepaya di Musim Penghujan

Sudah lama tidak posting tulisan di blog perkebunan pepaya ini. Dari kemarin sinyal di daerah Purwokerto hilang-hilang terus, mungkin karena musim penghujan. Setelah menemukan wifi akhirnya bisa meluapkan isi otak.

Musim penghujan kali ini, yang dimulai bulan Desember hingga Februari ini intensitasnya semakin besar. Bahkan terjadi banjir di beberapa daerah. Hujan yang melimpah ini memang baik untuk pertumbuhan tanaman pepaya California, namun juga menimbulkan efek yang tidak sedikit.

Masalah yang ditemui ketika musim penghujan ialah munculnya jamur pada buah Pepaya California. Jamur yang muncul pada pepaya dapat dilihat pada gambar berikut.

Pepaya berjamur
Jamur ini muncul karena kadar air dalam udara begitu tinggi (kelembaban udara tinggi). Cara mengatasi hal ini bisa dilakukan dengan cara mengupayakan agar air hujan yang turun tidak tersimpan dalam tanah, namun langsung mengalir ke parit. Cara terbaik adalah dengan membuat parit.

Pembuatan parit akan membuat kondisi tanah tidak begitu berair sehingga bakteri tidak mudah tumbuh. Hal ini akan bermanfaat bagi akar pohon pepaya California sehingga tidak membusuk.

Sudahkah kebun Pepaya California Anda dibuat parit secara cukup?

Posting Komentar untuk "Kiat-Kiat Mengatasi Permasalahan Pepaya di Musim Penghujan"