Perkebunan Jeruk di Purwokerto


Perkebunan Jeruk di Purwokerto yang ada saat ini berada di Desa Karanggude Kulon, Kec. Karanglewas, Kab. Banyumas. Jeruk manis adalah varietas jeruk yang ditanam di wilayah tersebut. Jeruk manis memang cocok untuk dibudidayakan di dataran rendah. Secara ketinggian, kota Purwokerto berada pada 75 MDPL.

Pohon jeruk manis di Kebun Pak Tarso Purwokerto

Secara ukuran, pohon jeruk manis memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dibandingkan pohon jeruk lainnya. Penyerbukan bunganya biasanya dibantu oleh serangga seperti lebah. Penyerbukan sendiri juga bisa terjadi atau secara partenokarpi (khusus pada jeruk varietas satsuma yang tanpa biji).
Nama latin dari jeruk manis adalah Citrus x sinensis. Jeruk manis sifatnya mudah dibudidayakan. Pembudidayaannya biasanya dengan cara dicangkok atau okulasi. Ditanam dengan menggunakan biji juga mudah.
Persebaran pohon jeruk manis di Indonesia berada di daerah Batu, Jember, dan Banyuwangi untuk area Jawa Timur, Garut di Jawa Barat, Timor Tengah Selatan di NTT, dan provinsi Bali. Di provinsi Jawa Tengah sendiri, budidaya jeruk manis saat ini berada di Kabupaten Banyumas tepatnya di Kecamatan Karanglewas dan Kecamatan Wangon.

Ilustrasi jeruk manis
Kebun Pak Tarso Menanam Jeruk Manis
Salah satu pioner penanam pohon jeruk manis adalah Pak Tarso. Alamatnya di Desa Karanggude Kulon, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas. Pak Tarso saat ini sudah mengembangkan lebih dari 1000 pohon jeruk manis. Tahun 2014 penanaman perdana pohon ini dilakukan. Pada tahun 2019 ini umur pohon sudah mencapai usia 5 tahun dan sudah mulai dipetik untuk tahun ketiga.
Pemasaran buah jeruk manis dari Kebun Pak Tarso saat ini untuk memenuhi pasar lokal, di antaranya pasar-pasar dan toko buah di area Purwokerto, Karanglewas, Ajibarang hingga ke Bumiayu dan Tegal. Pada awal penanaman, karena batang pohon belum begitu kuat maka buah jeruk dipetik ketika masih muda. Hal ini dilakukan supaya buah jeruk tidak terlalu besar. Karena kalau terlalu besar nanti batang pohon bisa patah karena terlalu berat menahan beban buah jeruk.
Saat ini Kebun Pak Tarso membuka kerja sama bagi siapa saja yang ingin menanam pohon jeruk manis. Jeruk manis bisa ditanam sebagai pohon penghias di depan rumah, di kebun, atau sebagai tanaman selingan di sawah. Bisa ditanam untuk level pertanian kecil maupun menengah.

Jeruk manis sebagai sumber vitamin C

Kebun Pak Tarso Menjual Bibit Jeruk Manis di Purwokerto
Saat ini Kebun Pak Tarso menyediakan bibit jeruk manis untuk dibudidayakan. Bibit jeruk bisa ditanam di halaman rumah sebagai salah satu pemenuh vitamin C bagi keluarga. Bibit jeruk manis juga bisa ditanam untuk perkebunan skala kecil maupun menengah.
Daerah Purwokerto dan Kabupaten Banyumas khususnya cocok untuk budidaya jeruk manis. Hal ini dikarenakan kondisi iklimnya yang mendukung. Pohon jeruk bisa ditanam di daerah tadah hujan karena tidak membutuhkan begitu banyak air. Usia panen jeruk manis juga relatif cepat, pada usia 2-3 tahun setelah masa tanam buah jeruk sudah mulai bisa dipanen.
Selain itu, pohon jeruk juga bisa dibudidayakan di pekarangan rumah. Jeruk manis kaya dengan vitamin C dan antioksidan. Minum air perasan jeruk yang dicampur air hangat di pagi hari, akan membantu menjaga kesehatan kita sepanjang hari.
Pohon jeruk juga bisa berbuah tanpa putus asal dirawat dengan baik. Jadi sepanjang tahun, kita tidak perlu khawatir akan kebutuhan vitamin C bagi keluarga.

Jeruk manis di Kebun Pak Tarso

Posting Komentar untuk "Perkebunan Jeruk di Purwokerto"